Tips dalam Pembuatan atau Pemilihan Nama Blog

Halo teman – teman para content creator, saya yakin kebanyakan dari pembaca blog ini adalah blogger pemula atau baru di dunia bloging atau teman – teman yang mampir ke posting ini dari link yang saya bagikan. Terlepas darimana dan apa status pengunjung di blog ini saya bermaksud memberikan sedikit tips dari apa yang saya tahu sehingga dapat bermanfaat walau kebanyakan orang akan meremehkan isi dari content saya ini hanya karena judul yang saya berikan adalah hal yang mudah bagi mereka.

Tapi ada motif tersendiri bagi saya dalam pembuatan posting ini, karena dalam sepengetahuan saya tidak banyak atau bahkan mungkin tidak ada orang yang menuliskan tentang "Tips dalam Pembuatan atau Pemilihan Nama Blog" karena kebanyakan content creator meremehkan tema atau pembahasan ini. Maka dari itu saya mengambil pembahasan ini karena saya ingin menjadi content creator yang unik dan lain dari yang lain.

Saya harap pembaca dapat memahami sesuatu yaitu "Jangan Menilai Buku dari Sampulnya" jangan menilai isi post dari judulnya. Bisa jadi judul yang kalian anggap remeh memiliki isi yang sangat bermanfaat dan isinya penuh dengan kualitas dan benar – benar jauh dari mereka para pengaku content Creator yang sebenarnya adalah Content Duplicator.

Saya akan memberikan garis besar pengaruh dari Nama blog sehingga kalian akan tersadar bahwa pemilihan nama yang asal dapat berdampak buruk, dan semoga bagi kalian yang baru dalam dunia bloging tidak malas membaca tulisan saya. Jika hanya dengan membaca tulisan saya saja kalian malas maka saya yakin cepat atau lambat anda akan merasa bosan dan malas dalam membuat content. Tapi memang mungkin saya berlebihan dan terlalu bersemangat sehingga dalam pembukaan dan sampai kata ini pun saya sudah menuliskan lebih dari 250 kata. Hahaha memang sangat berlebihan tapi itu bentuk dari kesenangan dan peng ekspresian saya dalam menulis dan membuat kontent. Saya menikmatinya dan saya senang menulis kontent ini.

Baik langsung saja masuk ke pembahasan karena saya sendiri sudah banyak bertele – tele

Nama Blog Mencerminkan Isi Blog


Ya sudah pasti demikian, kebanyakan orang selalu menyimpulkan segala hal dari pandangan pertama, nah judul dan nama ini layaknya cover bagi blog dan hal pertama yang dilihat dari blog. Jadi buat nama blog yang relefan, buat nama blog sesuai dan dapat memberikan image positif bagi pengunjung. Mari kita berlogika sejenak
Mana mungkin situs dengan nama B*kep indo akan di anggap baik dan dapat di anggap bahwa isi dari blog tersebut adalah review aplikasi? Secara kasat mata dan sangat jelas contoh ini menggambarkan bahwa nama mecerminkan isi dari blog tersebut.

Sesuaikan Nama Blog Dengan Niche Blog Kalian


Blog sendiri memiliki beberapa jenis dan jenis itu di sebut dengan istilah "Niche" untuk lebih mendalami Niche blog kalian dapat melihat post saya tentang Niche blog (masih dalam proses pengerjaan, tunggu Updatenya) dan setelah kalian memilih Niche yang cocok bagi blog kalian maka sesuaikan nama blog kalian dengan Niche blog kalian. Sangat simple dan sangat mudah anggap saja blog kalian Nichenya adalah Cooking Tutorial. Maka nama blog kalian tidak jauh dari kata dapur, tutorial memasak dan lain – lain, Contohnya "Dapur Masak Raja Pion" maka sudah dapat di simpulkan isi dari blog tersebut adalah tips trik atau resep memasak.

Buat Nama Blog Sesuai Domain


Entah yang mana yang kalian prioritaskan, Memilih nama tergantung domain atau memilih domain tergantung Nama blog itu sendiri. Kebanyakan kasusnya para pembuat blog dan website lainnya menggunakan nama dalam perujukan pemilihan domain. Disini ambil contoh dari blog saya ini sendiri yaitu "Raja Pion" yang beralamatkan www.pemudakaya.net untuk lebih jelas dalam pemilihan domain kalian dapat melihat post saya tentang Domain (masih dalam proses pengerjaan, tunggu Updatenya).
Nama dan domain ini tidak harus sama, saya yakin kalian pasti pernah menemui domain dan nama blognya berbeda. Namun jangan sampai nama dan domain ini sangat berlawanan atau sama sekali tidak sinkron. Contoh jika kita memiliki nama blog "Review Ponsel Raja Pion" Kalian bisa menggunakan nama domain www.Gadgetreview.or.id sehingga walau nama domain dan nama blog itu tidak sama tapi tetap memiliki isi dan arti yang relefan dan dapat dikatakan sama

Nama Blog Mempengaruhi Peringkat


Merujuk dari Dasar bahwa nama blog mencerminkan Niche dari suatu blog maka nama blog sendiri memiliki peran penting dalam SEO blog. Sama halnya dengan Domain, nama blog ini akan memberikan efek yang signifikan apabila memiliki "On Title Keyword" yaitu kita memberikan keyword di dalam judul blog. Dan sekali lagi seperti halnya domain On title keyword yang bagus adalah keyword berada di depan kata contoh "Cord Gitar Raja Pion"

Buat Nama Blog yang Unik


Kalian bisa mengabaikan hal di atas dengan membuat nama blog sesuka kalian seunik mungkin, kalian bisa membuatnya demikian karena kalian ingin membuat blog kalian unik seperti halnya blog saya ini dengan nama "Raja Pion" karena nama itu sendiri sangat unik dan memiliki filosofi tersendiri. Tidak masalah, itu adalah hak anda.

Buat Nama Blog yang Budah di Ingat


Setidaknya buatlah nama blog sependek mungkin dan semudah mungkin untuk di ingat karena nanti jika ada orang yang merasa puas dengan kontent di blog kalian maka mereka akan kembali ke blog kalian melalu google dengan menuliskan nama blog kalian di google "ini hanya untuk blog yang bernama Unik" dan mereka akan menjadi iklan gratis bagi kalian. Mereka akan merekomendasikan blog kalian kepada rekan, teman kerabat dan keluarga mereka.
Terlepas dari nama blog yang terpenting adalah isi dari blog itu sendiri. Saya mengatakan di awal post bahwa "Jangan Menilai Buku dari Sampulnya" jadi walau nama blog kalian sudah bagus keren dan SEO Friendly sekalipun tapi content kalian adalah Copas atau sampah dunia maya maka jangan berharap nama blog kalian dapat di temukan di page On google. Apaliagi kalian berharap di terima dalam program google adsense.
Saya rasa itu saja pembahasan mengenai Nama blog semoga saja dapat bermanfaat, namun saya memberitahukan bahwa post ini memiliki kelanjutan yaitu "Tips dan Trik Memilih Nama Domain" dan akan di berikan pembahasan mengenai domain Blogspot.com ataupun Custom domain.
Salam Bagi content creator dan Keep out of the BOX
Tips dalam Pembuatan atau Pemilihan Nama Blog

Comments

Popular posts from this blog

PARTNER

Kata Baku Miliar atau milyar, yang Benar Adalah?

Tips Memilih Nama Domain agar SEO Maksimal