Tips Memilih Nama Domain agar SEO Maksimal

Kali ini saya akan memberikan sedikit pengalaman dan pengetahuan saya tentang pemilihan nama domain, entah itu dari platform blog seperti wordpress.org atau blogspot.com ataupun domain TLD yang berbayarmaupun yang gratis.

Pengertian Domain

Sebelum saya memberikan tips dalam pemilihan domain saya akan memberikan pengertian singkat domain versi saya. Layaknya sebuah alamat rumah domain adalah alamat bagi sebuah situs entah itu situs dinamis atau situs yang statis dimana saat kita mengaksesnya menggunakan browser kita maka kita akan di tujukan kepada situs pemilik alamat domain tersebut.
Lalu kenapa kita harus membuat Nama domain yang relefan? Kenapa harus ada tutorial dan tips dalam pemilihan nama domain? Hal tersebut di sebabkan oleh banyak faktor. Faktor yang paling mempengaruhi pemilihan nama domain adalah SEO suatu situs. Di posting saya yang kali ini saya akan memberikan beberapa referensi dalam pemilihan domain sehingga tercipta domain yang power full.
Baik mari masuk ke pembahasan

Nama Domain Mempengaruhi Posisi Pencarian

Sepereti pada penjelasan saya pada posting saya yang lalu yang berjudul Tips dalam Pembuatanatau Pemilihan Nama Blog saya menyatakan bahwa nama domain berperan dalam mencerminkan isi dari situs, selain itu domain yang memiliki "Keyword on Domain" memiliki potensi besar untuk berada di posisi yang lebih tinggi daripada domain yang tidak menerapkan Keyword on Domain, seperti blog ini yang mengutamakan keunikan nama blog dan domain "www.pemudakaya.net" sama sekali tidak ada kaitan dengan isi blog ini. Tapi bukan berarti blog yang memiliki domain tanpa keyword on domain tidak dapat berada di page one google. Sekali lagi domain hanya pendukung, yang paling utama adalah content blog.

Blogspot lebih Berpengaruh daripada Wordpress

Mengapa demikian? Bisa di jelaskan dengan cukup sederhana karena blogspot sendiri adalah blog host dari google sehingga wajar saja Google memprioritaskan nama domain Blogspot daripada wordpress. Tapi bukan berarti wordpress tidak bisa unggul daripada blogspot. Selagi blog tersebut sesuai dengan algoritma pencarian google maka mungkin saja domain wordpress melampaui domain – domain blogspot karena kontent yang memadai dan bagus. Sekali lagi content yang berkualitas adalah yang terpenting dan utama.

Domain TLD Lebih Berpengaruh dari pada Blogspot dan Wordpress

Tidak heran bisa demikian karena website dengan Top Level Domain adalah website yang akan tampak memiliki tingkat profesionalitas yang tinggi. Seperti blog saya ini www.pemudakaya.netsaya merelakan sedikit uang saya untuk hobi saya. Kenapa demikian? Kenapa harus membeli domain TLD? Domain TLD sendiri memang benar berdampak besar bagi pencarian dan profesionalitas suatu blog. Tapi yang utama bagi Blogger adalah saat kita berani mengeluarkan uangmaka kita akan lebih bersemangat dalam membuat konten yang lebih berkualitas dan pasti kita akan sayang terhadap blog kalian, dan kalian tidak akan mencoba melakukan copas di blog yang kalian miliki karena kalian akan sangat menyayangkan apabila blog kalian ter Banned oleh google apa lagi "google adsense".

Domain Gratis Vs Domain Berbayar

Pasti blogger pemula tergiur dengan domain yang Gratis. Baca juga "Referensi domain gratis" secara mereka berharap dengan domain ini maka domain blog mereka lebih pendek dan dapat mudah di ingat oleh pengunjung. Tapi dalam domain gratis selalu ada lokasi khusus yang tertanam dalam domain tersebut. Contoh saja domain dari freenom yang ber ekstensikan dot(.)GA, domain ini memiliki daerah khusus yaitu Gaboon sehingga sangat ber efek buruk bagi blog indonesia karena lokasi tidak sinkron. Saya sangat menyarankan untuk menggunakan domain berbayar, kalian tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk domain kalian, saya sendiri hanya mengeluarkan $2.5 untuk membeli domain www.pemudakaya.net ini dengan jangka waktu 1 tahun. Saya akan memberikan refrensi tentang "Beli Domain TLD Murah" agar kalian dapat memiliki domain TLD ini. Serta saya akan memberikan Cara pemasangan Custom Domain ke Blogspot agar bagi kalian yang ingin mengganti domain kalian dapat memasang domain dengan benar pada blogspot atau blogger kalian

Domain dengan Ekstensi Https lebih Berpengaruh

Domain dengan SSL atau Https adalah domain yang tervalidasi Aman atau Secure dari virus seperti Adware, Virus serta Etorent dan situs porno dan situs situs lain yang beresiko. Google memprioritaskan website yang memiliki SSL atau ber ekstensi Https untuk tampil di Page One google. Baca juga Cara Mengaktifkan SSL atau Https pada Blogspot dan baca juga Cara Memasang SSL atau Https pada Blogspot dengan Custom Domain.

Domain yang Unik akan di Ingat Pengunjung

Ya domain tipe ini yang saya terapkan pada blog Pemuda Kaya ini karena unik dan memiliki filosofi tersendiri bagi saya, untuk kalian yang masih baru di blog ini kalian bisa melihat filosofi dari nama pemuda kaya itu sendiri. Domain yang singkat dan mudah di ingat akan memberi kesan tersendiri bagi pengunjung dan akan menarik lebih banyak pengunjung untuk mengunjungi kembali blog atau situs kalian.

Membuat Keyword on Title yang Benar

Untuk kalian yang ingin membuat nama domain dengan Keyword on Title keluar dari kalian pakek domain blogspot, wordpress, domain gratis ataupun domain TLD yang berbayar pastikan gunakan atau pasang domain dengan kata kunci pada awal kata domain. Contoh jika kalian memiliki website tetang Review Gadget jangan menggunakan kata Review di depan sehingga nama domain reviewgadget.com kurang efektif dikarenakan kata yang pertama adalah review. Review sendiri dapat bercabang ke banyak Niche Blog sedangkan domain yang tepat adalah Gadgetreviews.com karena sangat jelas yang di review adalah gadget maka dari itu domain tesebut lebih efektif.

Domain Bukan yang Utama

Domain adalah pendukung, hal hal di atas adalah cara untuk memaksimalkan domain sehingga menjadi domain yang powerfull dan dapat memaksimalkan SEO blog. Yang paling penting adalah kualitas konten blog
Semakin bagus kualitas kontent maka semakin besar kemungkinan muncul di page one serta semakin besar dan banyak pula pengunjung di blog kalian. Domain sendiri bisa di jadikan penyemangat dimana kita merasa domain kita bagus dan berkesan di tambah lagi kita sendiri juga sudah mengeluarkan sedikit uang kita pasti kita akan lebih bersemangat apa lagi jika blog dirasa pantas untuk di daftarkan adsense maka semangat jelas semakin membara.
Jangankan posting  sehari sekali bisa saja kita akan melipat gandakan performa kita dalam pembuatan kontent. Tapi saya ingatkan bahwa kontent yang berkualitas walau itu sedikit akan jauh mengalahkan blog dengan banyak kontent atau hight Quantity tapi penuh dengan copas dan duplicate content. Untuk kalian semua para blogger tetap pada tujuan kalian
Semangat dalam posting dan membuat kontent. Jangan berkecil hati bagi kalian yang hanya mampu membuat domain blogspot ataupun wordpress karena domain hanya pendukung. Yang paling penting adalah kualitas kontent dari blog tersebut.
Oh iya kalo kalian melihat bahwa ada link yang tidak aktif berarti saya masih belum membuat artikel yang saya tautkan sehingga jika kalian ingin tahu tentang post saya selanjutnya kalian tunggu Update saya selanjutnya.
Tips Memilih Nama Domain agar SEO Maksimal

Comments

Popular posts from this blog

PARTNER

Kata Baku Miliar atau milyar, yang Benar Adalah?