Cara Memperkecil Ukuran atau Berat File Gambar

Halo saudara yang budiman kali ini rajapion akan sedikit berbagi tips untuk memudahkan dalam beberapa kegiatan. Sebelumnya saya mau cerita nih, suatu ketika saya hendak mendaftar di sebuah universitas secara online dan saya harus upload beberapa berkas demi kepentingan administrasi.
Saya pun melakukan beberapa upload dan ternyata gagal lantaran ukuran gambar tersebut terlalu besar dengan ukuran maksimal yang di tentukan. Tepatnya sekitar 2mb file yang saya upload dan ternyata maksimal ukuran hanya 200kb.


Saya ingin sedikit curhat jujur saya kecewa berat lataran ukuran 200kb itu terlalu kecil mengingat website tersebut merupakan website pemerintah dan saya tahu sendiri APBN negara kita untuk pembuatan website pemerintah itu bukan main dan lagi sering juga saya temui mentaince tiba – tiba.

Yang saya tanyakan untuk apa APBN yang ratusan bahkan milyaran tersebut jika ternyata kualitasnya tidak memuaskan. Benarkah itu pure untuk pembuatan website atau ada penyelewengan?

Yah saya hanya sedikit berkeluh kesah, semoga pemerintah yang disana membaca postingan ini atau postingan ini sampai ke pemerintah.

Oke langsung balik ke topik karena beberapa sebab pastinya kita perlu untuk memperkecil ukuran file gambar, banyak memang yang membahas di google dan saya akan memberikan sedikit tips agar hasilnya maksimal.

Pertama kalian harus tau bagaimana file gambar bisa di perkecil. Sederhananya file gambar dapat di perkecil dengan 2 cara yaitu "Quality Change" dan "Resize"

Quality Change



Metode ini merupakan metode dimana ukuran file di perkecil dengan menurunkan kualiatas dari gambar tersebut.

Contohnya sebuah gambar memiliki quality 200px(pixel) per cm(Centi Meter) ya jadi ada 200 pixel setiap 1 cm jadi kalo di zoom akan terlihat pixel sejumlah 200 pixel, jadi gambar akan semakin tajam dan jelas atau lebih tepatnya Detail.

Untuk memperkecil ukurannya biasa digunakan ukuran persentase seperti contoh gambar akan di buat 85% dari gambar asli. Maka jumlah pixel per centimeter akan berkurang sehingga kualiatas dan ukuran file berkurang.

Resize


Resize sendiri berarti pengukuran kembali. Berbeda dengan quality, size adalah ukuran gambar sehingga semakin besar size semakin besar pula gambar tersebut.

Size ini bersejajar dengan quality, jika size kita naikkan maka jumlah pixel per centimeter akan naik atau jadi lebih banyak sehingga kualitaspun akan ikut naik. Tapi tidak sebaliknya jika quality bertambah size akan tetap.

Contohnya sebuah gambar memiliki ukuran 2080x1260 pixel. Kalian bisa mengecilkannya menjadi setengahnya atau berapapun yang kalian mau sehingga ukuran gambar serta file gambar tersebut juga menjadi kecil.

Baik setelah mengerti dasarnya saya akan memberikan tutorial yang saya anjurkan dan sering saya pakai.

Ada 2 cara dalam memperkecil ukuran file gambar yaitu secara offline (dengan applikasi) atau secara Online (website)

Mengecilkan Ukurang File Gambar dengan Aplikasi


Aplikasi yang akan saya bahas merupakan aplikasi PC jadi mohon maaf untuk pengguna android. Saya lebih menyarankan aplikasi Compressor di PC daripada di ponsel lantaran lebih efektif dan efisien walau memang tidak sepraktis di smartphone.

Baik aplikasi yang saya biasa gunakan bernama Caesium Image Compressor. Kalian bisa download di website officialnya https://saerasoft.com/caesium/

Berikut tips untuk memperkecil ukuran file gambar dengan aplikasi caesium ini

  1. Pertama buka program caesium
  2. Setelah terbuka silahkan kalian pilih gambar atau kalian bisa langsung pilih 1 directory (folder)
  3. Contoh disini saya punya beberapa foto dengan ukuran masing masing lebih dari 1 mb
  4. Geser atau ubah quality sesuai kebutuhan, saya sarankan 80/85% dan jangan lupa pilih format yang kalian inginkan
  5. Centang resize dan masukkan size yang kalian inginkan dan pastikan kalian centang Keep Aspect Ratio saya sarankan weight jangan di bawah 1000px
  6. Block gambar yang akan di resize dan Apply sehingga muncul angka di kolom new Resolution
  7. Lalu pilih directory tempat penyimpanan yang baru dan tekan compress
  8. Tunggu dan file sudah di perkecil
  9. Kalian bisa menyesuaikan dengan ukuran yang kalian inginkan.



Mengecilkan Ukuran Gambar Secara Online

Ada banyak website image compressor yang bisa kalian temui di google. Silahkan cari online image compressor (disini saya pakai compressjpeg.com/id)
Upload file gambar
Lalu unduh atau compress (Sesuai website)
Lebih praktis tapi tidak bisa se efisien aplikasi
Ya itu tadi beberapa trik untuk memperkecil ukuran file gambar. Thanks dan maaf terlalu bertele – tele
Sekian dan Keep Out of The BOX



Cara Memperkecil Ukuran atau Berat File Gambar

Comments

Popular posts from this blog

PARTNER

Kata Baku Miliar atau milyar, yang Benar Adalah?

Tips Memilih Nama Domain agar SEO Maksimal