Tips Dan Trik Membuat Blog Gado – Gado

Ya sebenarnya post ini ada di jadwal saya mungkin masih sangat lama untuk saya bahas karena saya sendiri membuat materi secara urut dan seharusnya post ini adalah cabang dari pembahasan Macam – Macam Niche Blog. Tapi sesuai dengan request teman baru saya yang bersungguh – sungguh dalam dunia bloging ini yaitu agan Raihan M Faiq dari sebuah group Blogger di fb. Dia sangat antusias belajar bloging jadi saya dedikasikan postingan kali ini untuk agan Raihan.

Sebelumnya untuk agan Raihan atau pengunjung blog yang lain maaf apabila postingan saya terlalu panjang karena memang sudah cirikhas saya dalam pembuatan post blog, saya sendiri merasa ada yang kurang jika kotak Word pada aplikasi Microsoft word saya belum melampaui 1000 kata. Rasanya ada yang belum lengkap dan saya selalu di landa dengan ketidak puasan karna hal itu. Jadi saya mohon di maklumi bahwa ini adalah cirikhas saya. Tapi itu yang membuat blog saya unik karena blog saya adalah blog yang fresh content atau benar – benar original buatan sendiri.
Baik langsung saja masuk ke pembahasan karena saya rasa sudah cukup panjang di bagian pembuka

Pengertian Blog Gado – Gado

Sebelum kita ke tahap atau fase pembuatan blog gado – gado itu sendiri akan sangat baik jika faham terlebih dahulu tentang apa itu blog Gado – gado dan apa kelebihan dan kekurangannya. Blog gado – gado adalah salah satu dari Niche atau jenis blog dimana di Niche ini blog berisi content yang di campur atau Mixing content. Ada kelebihan dan kekurang pastinya di setiap Niche Blog, pada blog Gado – Gado ini sendiri memiliki kelebihan dimana kita bebas dan tidak terikat dalam penulisan kontent dari blog tersebut sehingga pembuatan kontentnya jauh lebih mudah dari Niche yang lain dan di Niche ini kalian bisa menggabung banyak Niche blog sekaligus. Artinya blog ini adalah blog All in One.

Kekurangan dari blog ini adalah terletak pada kelemahan seo. Kenapa demikian? Karena pengunjung belum tentu tertarik dengan suatu hal saat dia sedang tertuju dengan sebuah hal. Di sini saya beri contoh anggap saja kalian punya blog gado – gado. Seorang pengunjung sedang membaca postingan kalian tentang tutorial membuat nama domain yang Baik dan saat dia sedang membaca di menu sebelah kanan ada popular post yaitu Tips menguruskan badan dalam waktu 3 minggu Tentu saja dia tidak akan tertarik pada menu tersebut sehingga page view per pengunjung hanya 1. 

Akan beda jika blog kalian adalah blog yang memiliki Niche Blogging seperti blog www.pemudakaya.net ini, jika kalian menemukan saran post di blog ini saat anda membaca post ini bisa jadi anda tertarik untuk membaca postingan yang lain sehingga bisa di simpulkan blog yang memiliki fokus Niche tertentu lebih unggul dalam bidang SEO. Namun bukan berarti blog Gado – Gado tertinggal dari blog yang berfokus pada sebuah Niche, di lapangan banyak blog yang ber Niche Gado – Gado dan bisa page one di beberapa Keyword yang paling penting dari semua blog terutama blog gado – gado itu sendiri adalah Original Content, bukan hasil copas, duplicate dan AGC.

Jadi untuk kalian yang ingin membuat Blog Niche Gado – Gado ini kalian di permudah dalam penulisan post sehingga kalian harus menulis post yang original, apapun pengalaman kalian dan apapun yang kalian kuasai tulis saja pasti cepat atau lambat kalian bisa Page One. Jangan Copas boleh saja Rewrite atau menulis kembali dengan bahasa sendiri tapi bukan dengan duplicate atau menjiplak persis blog lain karena blog yang copas tidak ada harganya di mata Google.

Baik saya rasa cukup untuk pembahasan tentang Blog Gado – Gado mari kita langsung masuk ke sesi pembuatan Blog Gado – Gado

Buat Nama yang Bebas

Yang saya maksud bebas adalah buat nama yang tidak terikat terhadap sebuah niche, contoh saja nama blog saya ini www.pemudakaya.net tidak terikat dan bisa bebas dalam pengisian atau pembuatan content blog. Bisa anda buat dengan nama kalian contoh nama saya sendiri "Arjun Idam Blog" atau nama yang terlintas di pikiran kalian. Kalian bisa cek posting saya tentang MembuatNama Blog

Buat Nama Domain yang Sama dengan Nama Blog Gado – Gado Kalian

Kenapa saya katakan demikian? Karena dengan demikian maka nama blog kalian akan menjadi unik serta pengunjung kalian bisa mengingat nama domain hanya dengan mengingat nama blog seperti halnya blog ini www.pemudakaya.net

Setting Blog Sehingga Lebih SEO Friendly

Saya akan memberikan sedikit tips untuk pengaturan blog agar blog dapat lebih SEO dan lebih mudah di Telusuri Oleh google
  1. Ubah deskripsi di setelan dasar dan Preferensi Penelusuran Ubah dengan keyword atau kata kunci blog kalian, karena blog kalian gado – gado makamasukan semua keyword yang menggambarkan semua postingan kalian. 


    Contoh : Bloging tutorial, Review Gadget, Info Wisata,dsb
  2. Aktifkan robots.txt Khusus (Letak pengaturan ini di preferensi penelusuran)
  3. Klik edit dan pilih Ya lalu pastekan kode berikut   User-agent: Mediapartners-Google
    User-agent: *
    Allow: /search?updated-min=
    Allow: /search?updated-max=
    Allow: /search/label/*?updated-min=
    Allow: /search/label/*?updated-max=
    Allow: /search*
    Sitemap: http://alamat blog kalian/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500

    Lalu simpan
  4. Lalu edit juga Tag Tajuk Robot Khusus seperti gambar di bawah ini


Memulai Posting dengan Blog Gado – Gado

Pembuatan posting inilah yang mebedakan blog Niche lain dengan Blog gado – gado. Agar blog gado –gado ini bisa rapih maka harus di berikan yang namanya Label sehingga dapat di pisahkan jenis suatu postingan dengan label tersebut.
Saya yakin kalian semua sudah paham akan cara pembuatan posting, kali ini saya akan menjelaskan tentang pelabelan pada blog Gado – Gado. Cara pemberian label itu sendiri sangat mudah yaitu dengan memberikan label setelah membuat posting sebelum di publikasikan terdapat menu pelabelan di sisi kanan
Lihat gambar di bawah

Klik di bagian label tesebut dan tulis mau di masukan label apa post tersebut. Ingat pembuat label adalah kalian sendiri jadi sebebas kalian dalam pelabelan.
Jika sudah maka publikasikan dan cek pada postingan kalian akan ada label atau tag yang sudah kalian buat

   

Membuat Widget Label

Cara memasang gadget di blogger
Baik langsung masuk ke menu Tata Letak
Cari tulisan "tambahkan Gadget" atau "add Gadgets"
Klik dan pilih labels pada pop up yang muncul dengan klik lambang + di sebelah kanannya
Atur dan Klik simpan
Maka label kalian akan muncul di tempat yang kalian pilih
Dengan demikian pengunjung maupun kalian sendiri dapat mencari postingan dengan lebih mudah
Saya rasa itu untuk pembahasan membuat Blog Gado – Gado semoga bermanfaat. Sekali lagi dalam bloging bukan Quantity atau jumlah yang penting. Melainkan Quality atau kualitas suatu artikel lah yang membuat blog bisa maju dan di kenal.
Walaupu blog kalian adalah Gado – Gado kalian Bisa maju dan maju asal konten kalian original dan fresh. Salam para pemuda Kaya dan keep Out Of The BOX
Tips Dan Trik Membuat Blog Gado – Gado

Comments

Popular posts from this blog

PARTNER

Kata Baku Miliar atau milyar, yang Benar Adalah?

Tips Memilih Nama Domain agar SEO Maksimal