SSL Gratis dari Blogger dengan Custom Domain

Halo para pemudakaya yang budiman. Sudah cukup lama bukan pemudakaya tidak kembali update? Ya memang kesibukan di dunia nyata berhasil meruntuhkan kosistensi untuk terus melakukan posting setiap hari, maka dari itu saya akan berusaha kembali aktif di dunia blogging karena traffic saya menurun drastis karena memang saya rasa sudah 1 atau 2 bulan saya menelantarkan blog ini.


http://www.pemudakaya.net/blogging/memasang-https-atau-ssl-di-blogspo/ Baik cukup untuk opening temu kangen dengan para visitor setia pemudakaya yang memang sudah cukup lama saya tinggal kali ini saya akan memberikan sedikit kabar gembira yang saya rasa sudah banyak blog yang mempublikasikannya.

Ya sesuai judul posting saya akan menjelaskan mengenai SSL Gratis dari Blogger dengan Custom Domain. Sebelumnya saya pernah membahas mengenai memasang SSL pada Blogger yang menggunakan Custom domain tapi saya tidak menggunakannya lantaran ada beberapa alasan yang membuat saya enggan menggunakan cara tersebut. Kalian bisa lihat postingan saya sebelumnya yang berjudul Memasang Https atau SSL di Blogspot(Blogger) Menggunakan Custom Domain dan (FIX MIX Content).

Di post tersebut sudah saya jelaskan mengenai SSL secara Detail beserta kelebihan dan kekurangannya.

Namun dengan adanya SSL dari Blogger itu sendiri banyak kekurangan yang ada di cara lama tidak lagi berlaku saat kita memasang SSL untuk Custom domain di Blogger.

Sebelum masuk ke tutorial untuk mendapatkan SSL tersebut saya akan memberikan beberapa review saya mengenai SSL Gratis dari Blogger ini, ya mungkin bisa di jadikan referensi. Tapi pemudakaya sendiri sangat menganjurkan untuk memasang SSL ini dengan beberapa alasan yang saya sebutkan di bawah.

Berikut merupakan kelebihan SSL Gratis dari Blogger

Gratis / Tidak Berbayar

Ya yang termaksud kelebihan SSL dari Blogger ini sudah Pasti GRATIS. Tentu kalian akan pikir 2 atau 3 kali jika harus membayar hanya untuk membeli SSL meskipun SSL itu penting menurut beberapa pakar SEO (katanya). Belum lagi sudah terbebani sewa domain yang cukup lumayan tiap tahunnya.

Maka Blogger memberikan kemudahan bagi para content creatornya untuk mendapat SSL Secara gratis. Hal tersebut juga merupakan bentuk dukungan dari Google terhadap Content Creator dan memajukan para content creator itu sendiri.

Mudah di Aplikasikan

Jika kalian mengikuti postingan saya dan kalian sudah membaca postingan saya yang berjudul Memasang Httpsatau SSL di Blogspot (Blogger) Menggunakan Custom Domain dan (FIX MIX Content), kalian pasti tau betapa ribetnya memasang SSL gratis dari Cloudflare untuk Custom domain Blogger. Setidaknya butuh paling cepat 20 – 30 menit dengan cara yang cukup merepotkan menurut saya dan banyak juga kekurangan dari SSL tersebut terutama dari segi kecepatan Pemuatan laman. Sedangkan dengan SSL Gratis dari blogger ini kita hanya perlu melakukan beberapa klik dan mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 5 – 10 menit. Sangat praktis

Tidak Ada Mixed Content (Dalam Link Internal)

Jika kita menggunakan SSL dari Cloudflare biasanya akan terjadi mixed Content internal link maupun external link, ya walau sudah saya berikan tutorialnya sehingga tidak akan terjadi mixed cotent lagi. Tapi tentunya hal ini membuang waktu dalam penyetingannya, sedangkan dengan SSL dari Blogger ini mixed content dapat teratasi dengan mudah lantaran semua link internal otomatis akan di alikan (lebih tepatnya di kukuhkan) ke Https://

Kecepatan Blog Tetap Terjaga

Dalam segi kecepatan pemuatan laman SSL dari Blogger ini hampir tidak mempengaruhi kecepatan lantaran SSL ini bukan semacam pengalihan melainkan semacam Sertifikat yang kukuh atau paten dari domain yang kita pakai di platform blogger tersebut.

Sedangkan SSL dari Cloudflare memberikan effect redirect atau pengalihan sehingga menjadi penyebab tertundanya laman termuat dalam 1 atau 2 detik.

Situs Lebih Terpercaya

SSL itu sendiri semacam sertifikasi dan juga enskripsi dari suatu domain sehingga dapat di pastikan data yang bersifat sensitif seperti nomer kartu kredit atau sandi tidak akan di simpan atau dapat dipastikan aman.

Selain itu sertifikasi tersebut juga suatu bentuk pernyataan bahwa domain tersebut aman (secure) dari virus berupa Maleware maupun Adware.

Lebih SEO

Banyak yang berpendapat bahwa SSL berpengaruh terhadap peringkat suatu situs dalam suatu search engine. Saya sendiri kurang tau pasti akan hal itu tapi saya rasa ada benarnya lantaran domain yang ber SSL memiliki pamor atau derajat yang cukup terpandang sekalipun itu SSL gratisan.

Lalu dari sekian banyak kelebihan apa kekurangan dari SSL tersebut?

Dari riset saya di situs atau blog lain yang juga membahas mengenai hal ini mereka memberikan beberapa kekurangan dari SSL ini, tapi jika menurut saya ini merupakan kekurangan dari SSL secara menyeluruh jadi bisa dikatakan SSL dari blogger ini sendiri tergolong unggul untuk memberikan SSL pada custom domain di platform blogger.

Ya maklum saja toh juga dari platform yang sama. Ini beberapa kekurangan dari pemasangan SSL (secara menyeluruh)

Sosial Media Share Counter Mengulang dari Nol

Dari salah satu blog yang membahas hal yang sama saya mengetahui hal tersebut dan memang dapat demikian lantaran alamat atau URL yang di share akan terbilang URL baru.

Tidak Bisa Memuat Gambar atau Content yang Tidak Ber SSL

Jika kita memasang SSL kita tidak akan bisa memasang konten atau gambar tanpa awalan Https jadi jika kalian menggunakan gambar eksternal blog dan url gambar tersebut tidak ber SSL maka kalian akan mendapati gambar tersebut menghilang atau blank. Hal ini dikarenakan SSL akan mempertahankan statusnya sebagai situs yang aman dan lagi SSL tersebut terhubung secara langsung dengan blogger tentunya blogger akan akan mencegah link eksternal yang tidak ber SSL sehingga tidak akan terjadi mixed content.

Itu tadi adalah kelebihan dan kekurangannya, baik mari kita lanjut ke cara mengaktifkan SSL tersebut.

  1. Buka http://draft.blogger.com/
  2. Login jika belum login dan pilih blog yang akan di pasang SSL
  3. Pilih Menu Setelan -> Dasar
  4. Lihat di ketersediaan dan pilih ya. Maka laman akan reload secara otomatis
  5. Tunggu sekitar 5 menit dan reload sampai menu pengalihan HTTPS dapat di ubah atau tidak ada tanda warning dan pilih ya
  6. Selamat blog kalian sudah ber SSL gratis dari blogger.
  7. jangan lupa resubmit blog kalian dengan alamat https
katanya akan mempengaruhi traffic tapi menurut saya tidak akan berpengaruh karena alamat lama akan tetap terindex.
Mengingat kekurangan dan kelebihan tadi saya rasa sangat bagus jika kalian segera mengaktifkan SLL dari blogger ini karena bisa saya bilang cukup bagus dibanding SSL gratis dari Cloudflare. Ya semoga postinga saya kali ini bisa dijadikan referensi dan semoga bermanfaat

Oke terimakasih dan Keep Out of The BOX

SSL Gratis dari Blogger dengan Custom Domain

Comments

Popular posts from this blog

PARTNER

Kata Baku Miliar atau milyar, yang Benar Adalah?

Tips Memilih Nama Domain agar SEO Maksimal