Memasang Https atau SSL di Blogspot (Blogger) Menggunakan Custom Domain dan (FIX MIX Content)

Update SSL Gratis dari Blogger Baca di Artikel SSL Gratis dari Blogger
Halo blogger yang budiman, kaliini saya hendak memberikan sedikit pengalaman saya tentang Pemasangan SSL atau Https di Blogspot atau Blogger ini. Memang untuk mereka yang sudah lama di dunia bloging pasti sudah tau tentang cara dan metode yang di gunakan dalam Pemasangan Https atau SSL pada Blogger atau Blogspot ini. Namun bagi mereka yang masih baru dalam menjelajahi dan mencari keilmuan bloging pasti postingan ini sangat bermanfaat dan berguna. Untuk domain blogspot sendiri sudah terdapat pengaturan dalam Pengaktifan Https atau SSL yang di sediakan oleh pihak Platform Blogspot agar blog yang di host dapat terlihat lebih profesional oleh pengunjung dan atau oleh Search Google itu sendiri. 
 
Lalu Apa Itu SSL atau Https? Kepanjangan dari SSL sendiri adalah Secure Socet Layer, apa itu? SSL ini adalah sebuah layanan yang menyajikan sertifikat keamanan atau suatu website dapat dikatakan aman, di dunia maya atau internet ini penuh dengan ketidak amanan dimana data pribadi, nomer kartu kredit dan username serta password sangat mudah untuk di akses oleh user lain. Namun dengan enskripsi dan pengamanan dari SSL dengan alamat Https pada awalan suatu URL lalu lintas yang keluar masuk akan diamankan dan hanya dapat di akses oleh server yang dituju dengan pengamanan End to End atau Enskripsi sehingga tidak dapat di akses oleh pengguna lain terutama orang atau pihak yang tidak bertanggung jawab. Kalo memang sebagus itu kenapa kok Pemuda Kaya gak pakek? Saya memiliki alasan tersendiri kenapa saya tidak memasang SSL atau Https ini di blog Pemuda Kaya ini dan nanti akan saya bahas mengenai Kekurangan dan kelebihannya secara lebih mendalam lagi.
Mari kita masuk ke pembahasan mengenai SSL yang telah di sediakan oleh Blogger atau pihak Blogspot, SSL ini di sediakan hanya untuk domain Blogspot.com karena domain ini di jamin dan di host oleh google sehingga tidak heran jika google memberi perlakuan khusus bagi blog dengan doamin blogspot.com berikut adalah cara mengaktifkan Https atau SSL pada domain Blogspot.

Masuk ke menu Setelan>Dasar
Scroll ke bawah ke Pengaturan Https dan ubah pengalihan Https dari Tidak Ke Ya
Blogspot akan otomatis menyimpan perubahan dan selamat blogspot kalian sudah bersertifikatkan SSL
Itu tadi adalah cara pengaktifkan SSL pada blog dengan ekstensi domain Blogspot.com, lalu bagaimana dengan blog yang di host pada blogspot namun menggunakan custom domain? Dalam kasusnya pengaturan SSL atau pengalihan domain ini sendiri akan menghilang atau tidak dapat di aktifkan karena blogspot hanya menyediakannya untuk domain blogspot saja, di sini kita dapat mengakali dengan menggunakan layanan CDN yang di sediakan oleh Cloudflare. Lalu apa itu CDN? Di lain kesempatan saya akan membahas lebih dalam tentang Pengertian dan Fungsi serta Cara Kerja CDN. CDN dari Cloudflare ini memiliki paket Gratis yang dapat di akses semua orang dan sangat mudah di set – up sehingga sangat mudah dalam penggunaanya
Baik langsung saja masuk ke masangan SSL pada Blogger dengan Custom Domain untuk kalian yang butuh refrensi mengenai domain murah saya akan membuat post mengenai reviewnya.
Disini saya memberikan contoh domain dari Freenom karena saya tidak mau sampai membuat pelanggan terganggu jika saya mengubah nama server pada domain Pemuda Kaya walau untuk sementara atau sekedar percobaan karena saya sendiri pernah mencobanya pada blog Pemuda Kaya ini. Untuk kalian yang belum bisa memasangkan Custom domain di blogger kunjungi post saya yang berjudul Memasang Custom Domain di Blogger (Tunggu updatenya).

    Pertama masuk ke Cloudflare.com dan daftar

    Disini saya yakin bahwa saudara blogger sekalian sangat mampu untuk mendaftar sendiri di cloudflare, saya sendiri karena hanya membutuhkan email dan password lalu konfrimasi email dan selesai

    Jika sudah silahkan Login

    Setelah login silahkan Add site dan klik Begin Scan

    Nanti blog kalian akan di Scan dan silahkan tunggu sampai proses scan ini selesai

    Setelah selesai klik Continue Setup

    Saat muncul Select Plan pilih yang Free plan di sisi paling kiri dan klik confrim plan

    Setelahnya klik continue

    Sekarang adalah mengatur nama server. Masuk kedalam penyedia domain kalian dan rubah nama server kalian sesuai dengan nama server yang muncul pada Cloudflare

    Jika sudah silahkan save lalu klik recheck nameservers pada cloudflare dan tunggu sekitar 1 jam dan cek lagi apakah status pada cloudflare sudah aktif atau belum

    Jika status situskalian sudah aktif klik menu Crypto dan silahkan lihat ke menu SSL lalu pilih flexible

    Scroll ke bawah ke menu Always use HTTPS dan pilih On

    Setelah itu klik Firewall lalu scroll ke bawah pada pengaturan Security Level dan pilih Low


    Selanjutnya masuk ke menu page rules

    Buat page rule baru dengan klik create Page rule

    Buat format seperti gambar di bawah ini dan save and deploye

    Buat page rule baru dengan klik create Page rule Lagi

    Dan buat format seperti gambar di bawah ini (ini untuk mengatasi Mix Content atau tercampurnya content http dengan https. Dengan ini maka semua url akan berubah menjadi Https)

    Jika sudah silahkan tunggu beberapa jam dan selamat blog sudah Https. Tapi untuk beberapa kasus gembognya masih belum hijau atau sampai sambungan aman gagal

    Berikut cara mengatasinya

    Buka template blog kalian dan edit html

    Copykan semua script tersebut pada aplikasi Notpad

    Pada menu atas di notpad pilih edit dan replace...

    Akan muncul seperti berikut dan isi sesuai gambar di bawah dan klik replace All



    Sekarang copy dan paste ke template blog kalian dan klik save selamat blog kalian sudah bersertifikatkan SSL
      Cukup panjang memang proses yang harus di lakukan namun saya rasa sepadan hasilnya jika melihat kelebihannya. Berikut saya akan membahas lebih dalam mengenai kelebihan maupun kekurangan dari SSL gratis dari CDN Cloudflare ini.
      Pertama kita akan membahas berapa kekurangan terlebih dahulu, berikut kekurangannya

      Kecepatan Pemuatan Blog Menurun Drastis

      Dulu saya pernah menggunakan dan mencoba hal ini terhadap blog pemuda kaya ini dan hasilnya sangat mengecewakan karena hasil dari speed insights google sangat mengecewakan hingga blog saya masuk ke rana kelambatan yang amat fatal yaitu sampai ke tahap "Poor" hal ini di sebabkan pengalihan laman landas yang berulang berlebihan sehingga benar benar menghambat beberapa waktu dalam pemuatan blog
      Sudah hanya itu kelemahan yang saya temukan disini karena sebenarnya layanan ini memberikan banyak kelebihan dan keuntungan namun satu hal ini yang sangat saya sayangkan walau saya sudah melakukan centang pada pengaturan cloudflare di menu speeds tapi tidak ada perubahan apapun dalam hasil speed insight dan saya sendiri memang mengakui kelambatan itu
      Ada banya kelebihan di luar kekurangan fatal tersebut diantaranya

      SEO di Mata Google

      Seperti yang sudah saya jelaskan pada postingan saya yang berjudul Tips Memilih Nama Domain agar SEO Maksimal bahwa google mengutamakan domain dengan SSL atau url yang di submit dengan Https dan domain TLD berbayar sehingga memiliki potensi muncul di urutan yang lebih tinggi dibanding dengan domain tanpa Https atau SSL ini

      Keamanan Para Pengguna

      Disini sudah saya jelaskan pada awal post mengenai pengertian SSL atau Https ini bahwa Lisensi SSL ini memberikan rasa aman atas data yang sensitif dan amat rahasia sehingga situs dengan ekstensi SSL atau Https ini termaksud situs yang terpercaya.

      Blog Terlihat Profesional

      Semua situs raksasa seperti halnya google, facebook, twitter dan lain sebagainya pasti terlihat bahwa terdapat ekstensi Https atau SSL ini. Di mata pengunjung atau user ekstensi ini menunjukkan profesionalitas dari suatu blog walau itu hanyalah suatu SSL yang di dapatkan secara gratis
      Keluar dari kelebihan dan kekurangan itu saya sendiri memilih tidak menggunakannya karena saya lebih mengutamakan kepuasan pengunjung blog saya di banding sekedar terlihat bagus dimanta google dan sekedar terlihat keren. Jika kita sudah memuaskan pengunjung maka google pun pasti akan luluh dan akhirnya https dan ssl bukan lagi alasan page one. Baca juga post saya mengenai Tips dan Trik Page One di Google dalam Waktu Singkat – 100% Teruji dan Terbukti Work 😊
      Sekian saya rasa dan keep out of the box
      Memasang Https atau SSL di Blogspot (Blogger) Menggunakan Custom Domain dan (FIX MIX Content)

      Comments

      Popular posts from this blog

      PARTNER

      Kata Baku Miliar atau milyar, yang Benar Adalah?

      Tips Memilih Nama Domain agar SEO Maksimal