Cara Membuat Artikel yang Benar dan Bermanfaat

Halo para blogger yang budiman, sudah 3 hari sebelum post ini dibuat saya belum melakukan update post sama sekali. Saya sudah terlanjur berhenti posting 1 kali dan benar saja saya menjadi malas dalam membuat konten

Untuk membangkitkan kembali diri saya dari rasa malas saya bertekad untuk kembali bangkit dan aktif dalam melakukan posting di tambah lagi 2 hari kedepan saya menjadi panitia diklat dalam suatu organisasi pencak silat dan saya akan membuat postingan untuk 2 hari kedepan malam ini juga dan saya akan memberikan jadwal penayangan otomatis, ingin tau caranya? Tunggu artikel saya selanjutnya mengenai Cara Membuat Posting Otomatis atau Posting Berjadwal.

Baik back to topic yaitu membuat postingan yang benar dan bermanfaat, serinkali saya temui para blogger jaman Now hanya membuat postingan yang dangkal dan kurang bermakna untuk pengunjung sehingga wajar saja blog mereka tidak kunjung maju walau sudah ber bulan – bulan mereka mengaku pengunjung mereka hanya berjumlah puluhan sedangkan blog saya ini yang berumur kurang dari 2 minggu sudah memiliki traffic 300 – 500 per hari.

Bukan maksud sombong tapi hanya untuk di ambil pelajaran di dalamnya coba saja bandingkan postingan di blog saya ini dengan postingan di blog lain, blog saya ini memiliki konten dengan rata – rata kata per postingan minimal 1000 kata per postingan sehingga google menganggap postingan saya lebih baik dari mereka yang hanya sampai di angka 200 – 400 kata per postingan.

Disini bukan banyak kata yang terpenting melainkan tingkat kedalaman pembahasan konten, diluar sana banyak sekali konten dengan pembahasan yang amat dangkal dan hal tersebut tidak begitu berkesan bagi para pembaca. Tapi kita juga harus menyadari bahwa Orang Indonesia Lebih Suka Melihat Daripada Membaca, ini yang saya dapati saat membuka google Analytics.

Dari perhitungan Google Analytics pengunjung rata – rata membaca blog ini hanya sebatas 2 menit saja, ironis saya sendiri membaca ulang postingan postingan saya setidaknya 10 – 15 menit maka dari itu saya dapat dengan yakin menyimpulkan orang indonesia lebih tertarik melihat daripada membaca, tepatnya mereka hanya mencari apa yang mereka cari saja (mencari pokok pembahasan atau langsung lompat ke tutorial). Mereka yang tidak sabar (saya rasa bukan anda) pasti akan langsung scroll ke tahap tahap di bawah dan kebanyakannya hanya membaca Judul.

Padahal mereka hanya membaca judul tapi mereka merasa sudah memahami isi dari pembahasan padahal tidak sama sekali, lucunya orang indonesia hahaha.. baik langsung saja masuk ke pembahasan mengenai apa apa saja yang dapat menjadi faktor artikel kalian menjadi artikel yang benar dan bermanfaat.

Jangan Duplicate


Seorang blogger sudah pasti tahu bahwa content yang tidak orisinil alias dulicate ini adalah sebuah nilai mines (beda orang beda pendapat tapi ini realita) pada blog dan pengunjung serta google pasti akan menyadari akan ketidak orisinilan suatu konten dengan banyaknya hal hal yang janggal. Untuk memahami lebih dalam mengenai Dupicate Content kalian bisa membaca postingan saya yang berjudul :



Di setiap postingan saya sendiri juga selalu memberikan penjelasan dan penekanan bahwa yang terpenting dari tik SEO adalah artikel yang unik, fresh dan berkualitas. Selain itu sebenarnya kita gak pelu Back Link promosi dan lain Sebagainya asal postingan kita terindex Google pasti pengunjung organik akan berdatangan selagi postingan kita berkualitas. Kalian bisa membaca post saya yang berjudul :


Gunakan Kata yang Singkat Jelas dan Padat


Yang dimaksud disini adalah kata – kata yang lugas dan dapat dimengerti dengan baik tanpa banyak pemborosan kata dalam sebuah kalimat, bukan berarti artikel panjang adalah sebuah pemborosan kata melainkan artikel yang panjang adalah konten dengan pembahasan yang dalam.

Pemborosan kata sendiri memiliki arti menempatkan kata yang berlebihan atau sebenarnya tidak diperlukan dalam sebuah kaliamat karena hal ini akan memberikan efek jenuh terhadap pembaca. Dalam penerapannya harus benar banar di perhatikan dalam penulisan kata awal, hubung dan konjungsi (jika ingin membuat konten yang bersifat struktural dan enak di lihat).

Tulis Sesuatu yang Banyak di Permasalahkan


Ada sebuah kata - kata yang berbunyi "tidak akan ada masalah selagi tidak ada yang mempermasalahkan" hal ini sangat benar, jika kalian ingin konten kalian di anggap bermanfaat maka kalian harus bisa memposisikan postingan atau artikel kalian sebagai pemecah masalah yang memang marak di khalayak umum.

Semakin banyak orang yang tertolong oleh postingan kalian maka semakin tinggi nilai manfaat ke kegunaan postingan anda tersebut, bukan lagi sekedar ingin mencari uang dan ketenaran melainkan membantu orang lain. Hal ini akan mendorong anda lebih maju dan maju jika niat kalian dibenahi dari mencari uang dan ketenaran menuju "membantu orang lain".

Pasang Banyak Gambar yang Diperlukan Dalam Mempermudah Tutorial atau Pemahaman


Seperti apa yang saya katakan sebelumnya bahwa orang indonesia rata – rata lebih suka melihat daripada membaca sehingga wajar jika mereka akan tertarik melihat gambar daripada tulisan yang ada, saran yang saya ajukan dan sampaikan disini adalah masukkan kata atau tutorial kalian dalam gambar agar saat orang – orang fokus terhadap foto atau gambar dalam postingan kita mereka akan langsung mendapat penjelasan dan bermanfaat bagi mereka.

Sertakan Sumber Jika Ada


Seringkali saya temui mereka – mereka yang mencomot dari blog seseorang atau mungkin dari wiki pedia untuk di jadikan refrensi postingan mereka tapi tidak memberikan atau menyertakan sumber di dalamnya, hal ini sangat merugikan bagi pihak yang di comot dan juga merugikan bagi blog pelaku karena hal ini akan di anggap seperti poin 1 yaitu Duplicate Content.

Lain bila mereka memasukkan sumber di dalam postingannya maka hal tersebut bukan lah sebuah penyalahan kebijakan google dan itu legal di dunia blogging, pengunjung pun dapat merasakan manfaat dengan adanya sumber yang jelas mereka bisa melakukan studi secara lebih mendalam dengan teori mereka sendiri

Jadilah Diri Sendiri


Orang yang menulis dengan gaya mereka, cara mereka, logat atau pun kepribadian sendiri merupakan suatu hal yang pantas di acung jempol lantaran dengan demikian postingan atau artikel akan lebih mudah di pahami dan di mengerti oleh pembaca.

Dengan menjadi diri sendiri pun kalian juga bisa punya cirikhas yang akan menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, selain itu menjadi diri sendiri dapat mencegah dan menghilangkan .

Selebihnya dari postingan saya masih banyak hal yang perlu dibahas tapi saya hanya akan membahas garis besarnya saja agar dapat dipahami dan dicerna dengan baik dan benar. Tetaplah menjadi content creator dan jangan pernah menjadi duplicate creator, baik saya rasa sekian.

Salam pemuda kaya dan Keep Out Of The BOX

Cara Membuat Artikel yang Benar dan Bermanfaat

Comments

Popular posts from this blog

PARTNER

Kata Baku Miliar atau milyar, yang Benar Adalah?

Tips Memilih Nama Domain agar SEO Maksimal